Skip to main content

Layani Sepenuh Hati,Bhabinkamtibmas di Gresik Jemput Warga Yang Sakit Ambil BTPKLWN

GRESIK - Ribuan masyarakat di Kabupaten Gresik mendapatkan bantuan tunai pedagang kaki lima, warung dan nelayan (BTPKLWN) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI.

Seorang warga bernama Makruf usia 48 tahun warga RT 02 RW 04 Desa Leran, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik menghubungi Bhabinkamtibmas. 

Makruf terverifikasi Bhabinkamtibmas sebagai penerima bantuan tunai. Karena ia mengandalkan warung kopi untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga.

Namun kondisi kesehatannya tidak memungkinkan untuk berangkat menuju Polres Gresik tempat disalurkannya bantuan pemerintah tersebut.

Sudah 2 tahun bapak dengan tiga orang anak ini pensiun sebagai karyawan pabrik arang. Kerja kerasnya demi menghidupi keluarga kala itu berdampak pada kesehatan.

Sakit diabetes melitus, jantung dan asma telah dideritanya selama belasan tahun. Mengharuskannya rutin kontrol ke dokter spesialis penyakit dalam satu bulan sekali.

Bahkan aktivitas keseharian Makruf harus dibantu keluarga, tabung oksigen juga selalu siaga dirumahnya.

Sempat harap-harap cemas, Makruf menunggu kedatangan Aipda Triadi Bhabinkamtibmas Desa Leran di warung kopi miliknya. 

Senyum menghiasi wajahnya ketika Polisi berpakaian dinas mengenakan ban lengan bertuliskan Bhabinkamtibmas pada lengan sebelah kiri datang menghampirinya di depan warung.

Seakan tak sabar menerima bantuan tunai, Makruf langsung dipapah Bhabinkamtibmas untuk naik mobil patroli Polisi jenis sedan itu.

Sesampainya di Polres Gresik, Makruf meniti satu demi satu tangga gedung berlantai dua Aula Wicaksana Laghawa. 

Saking semangatnya, ia lupa menderita asma. Nafasnya sesaat terengah-engah, terhenti beberapa menit sebelum masuk ruangan pencairan bantuan tunai.

Begitu duduk di kursi pelayanan, ternyata warga yang sakit ini mendapat pelayanan prioritas. 

Tak butuh waktu lama uang tunai sudah dalam genggamannya. Dihitung menggunakan jari tangan kanan Makruf, jumlahnya Rp 600.000. 

Tak ayal, senyum sumringah kembali terpancar dari wajahnya. Makruf tak mampu menyembunyikan rasa bahagia lalu mengucapkan Alhamdulillah.

"Alhamdulillah rezeki. Terima kasih kepada pemerintah dan Polres Gresik telah peduli pada nasib rakyat kecil seperti saya." ucapnya bersyukur, Kamis (24/3/2022).

Ketika diwawancarai awak media, Makruf mengaku akan memanfaatkan uang tersebut untuk modal belanja warung kopi miliknya.

Dari data yang berhasil dihimpun, hari ini seksi keuangan (Sie Keu) Polres Gresik menyebarkan undangan penerima BTPKLWN sebanyak 1.000 undangan melalui Bhabinkamtibmas .

Sementara itu Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis mengatakan hari ini ada pembagian bantuan tunai dari pemerintah kepada pedagang kaki lima, warung dan nelayan.

"Ada salah satu warga Desa Leran yang memohon bantuan karena yang bersangkutan sakit komplikasi. Kondisinya tidak memungkinkan untuk berangkat dibonceng motor." kata Azis

Untuk diketahui, dalam mendukung dan mengawal program pemerintah terkait BTPKLWN, Polda Jatim bersama Polres jajaran telah melaksanakan penyaluran kepada warga masyarakat.

Sebelumnya, jajaran Polres yang ada di Polda Jatim telah melakukan pendataan calon penerima BTPKLWN yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah.

Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto di balai Wartawan Bid Humas Polda Jatim, Jumat (25/3/22).

"Penyaluran dilakukan secara bertahap dengan syarat penerima adalah warga terdampak pandemi Covid-19 yang berlum pernah menerima bantuan dari Pemerintah," kata Kombes Dirmanto.

Menurut Kombes Dirmanto ini adalah wujud pelayanan prima kepada masyarakat.

"Diharapkan bantuan yang tersalurkan merata dan dapat mempercepat pemulihan ekonomi nasional," pungkas Kombes Dirmanto. (**19/hms).

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Nomor Telpon Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya

Surabaya, 22/09/17 : Butuh Bantuan Polisi? Hubungi Call Center Bebas Pulsa  112  yang akan terhubung langsung dengan Commad Center Kota Surabaya . Mengingat banyaknya laporan setiap harinya, terkadang anda kesulitan masuk line telpon nomor diatas. Berikut ini kami sampaikan Nomor Telpon dari 23 Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya yang dapat membantu anda melaporkan setiap kejadian maupun membutuhkan bantuan Polisi terdekat dengan lokasi tempat tinggal anda saat ini. NOMOR TELPON KANTOR POLISI SEKTOR JAJARAN POLRESTABES SURABAYA 1. POLSEK BUBUTAN :  031-5342094 2. POLSEK BENOWO :  031-7404876 3. POLSEK DUKUH PAKIS :  031-5678145 4. POLSEK GAYUNGAN :  031-8292903 5. POLSEK GENTENG :  031-5341054 6. POLSEK GUBENG :  031-5042704 7. POLSEK JAMBANGAN :  031-8298603 8. POLSEK KARANG PILANG :  031-7663528 9. POLSEK LAKARSANTRI :  031-7413866 10. POLSEK MULYOREJO :  031-3896320 11. POLSEK PAKAL :  031-7402203 12. POLSEK RUNGKUT :  031-8700538 13. POLSEK SAWAHAN :  031-5341048

Polri Ungkap 2 Kasus Penghimpunan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Hingga Triliunan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan bahwa sepanjang tahun 2021 lalu, Korps Bhayangkara telah melakukan pengungkapan dua kasus tindak pidana penghimpunan dana tanpa izin atau ilegal yang merugikan masyarakat.  Sigit mengungkapkan, kasus pertama yang diungkap adalah penipuan, penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan oleh PT. Hanson Internasional dan Koperasi Hanson Mitra Utama.  Menurut Sigit, pada perkara tersebut, pihaknya menangkap tersangka BT bersama 9 orang yang melakukan penghimpunan dana dalam bentuk medium term note/short term borrowing/ringkasan perjanjian hutang dan simpanan berjangka tanpa izin dari OJK. "Kerugian nasabah dalam kasus ini sebesar Rp6,2 triliun," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis (27/1/2022). Kemudian perkara kedua, lanjut Sigit adalah pengungkapan kasus dugaan penipuan, penggelapan dan TPPU yang dilakukan oleh PT. Asuransi Kresna Life dengan tersangka i