Skip to main content

Pemprov Jatim dan Bhayangkari Jatim lestarikan Warisan Budaya dengan Pemberdayaan UMKM

Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan batik Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Bhayangkari Daerah Jawa Timur menggelar acara Canthing Jawi Wetan Go Global, di Tugu Pahlawan Surabaya, Minggu (27/3/2022).

"Yang saya helat pada malam hari ini. Kita menyengaja tempatnya di Tugu Pahlawan berseiring dengan, semangat heroisme, optimisme Jatim bangkit karena di seluruh dunia Tugu Pahlawan hanya di tempat ini. Nuansanya adalah menggali filosofi kebesaran Majapahit, dengan kebesaran filosofi yang luar biasa dari mulai Sumpah Palapa Mahapatih Gajah Mada Nusantara bagaimana mewujudkan pulau-pulau menjadi satu kesatuan yang kemudian diikuti oleh naskah berikutnya Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Selain tujuan promosi, kegiatan ini juga diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi COVID-19 dengan mengampanyekan gerakan nasional 'Bangga Buatan Indonesia', 'Bangga Berwisata di Indonesia', dan program ' Optimis Jawa Timur Bangkit 2022.

Tak hanya sampai di situ, acara ini sekaligus dimaksudkan untuk terus melestarikan budaya dan kesenian khas Jawa Timur .

Puncak acara Canthing Jawi Wetan Go Global yang menampilkan peragaan busana batik Jawa Timur nan indah dan menawan oleh perancang kenamaan Edward Hutabarat dan Denny Wirawan ini, bertujuan untuk untuk mempromosikan batik Jawa Timur dan produk-produk UMKM sehingga mampu dipasarkan secara nasional dan bersaing secara global.

Ketua Bhayangkari daerah Jawa Timur Ully Nico Afinta mengatakan. Batik-batik dari berbagai kabupaten /kota di Jawa Timur dipamerkan, khususnya Jawa Timur yang menyimpan keunikan tersendiri. 

"Sebagian besar motif batik di Jawa Timur merupakan cerminan alam, kaya akan nuansa flora dan fauna
dengan balutan warna-warna cerah, dan aneka corak khas yang mewakili identitas tiap-tiap daerah," ucapnya. 

Sela acara juga menampilkan tarian-tarian daerah seperti pertunjukan reog Ponorogo, tari bedoyo Majapahit, tari topeng malangan, tari jaranan senterewe, tari gandrung Banyuwangi, musik keroncong, dan aneka macam kuliner Jawa Timur .

Untuk diketahui bersama Bhayangkari daerah jawa timur merupakan organiasasi sosial yang beranggotakan istri istri dari anggota Polri dan PNS polri di jajaran polda jawa timur

Perhelatan Canthing Jawi Wetan Go Global akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26-28 Maret 2022 yang berlokasi di Kantor Gubernur Jawa Timur dan Tugu Pahlawan Surabaya.

Canthing Jawi Wetan Go Global merupakan langkah nyata untuk pelestarian warisan budaya, pemberdayaan UMKM, dan pemulihan ekonomi di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Nomor Telpon Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya

Surabaya, 22/09/17 : Butuh Bantuan Polisi? Hubungi Call Center Bebas Pulsa  112  yang akan terhubung langsung dengan Commad Center Kota Surabaya . Mengingat banyaknya laporan setiap harinya, terkadang anda kesulitan masuk line telpon nomor diatas. Berikut ini kami sampaikan Nomor Telpon dari 23 Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya yang dapat membantu anda melaporkan setiap kejadian maupun membutuhkan bantuan Polisi terdekat dengan lokasi tempat tinggal anda saat ini. NOMOR TELPON KANTOR POLISI SEKTOR JAJARAN POLRESTABES SURABAYA 1. POLSEK BUBUTAN :  031-5342094 2. POLSEK BENOWO :  031-7404876 3. POLSEK DUKUH PAKIS :  031-5678145 4. POLSEK GAYUNGAN :  031-8292903 5. POLSEK GENTENG :  031-5341054 6. POLSEK GUBENG :  031-5042704 7. POLSEK JAMBANGAN :  031-8298603 8. POLSEK KARANG PILANG :  031-7663528 9. POLSEK LAKARSANTRI :  031-7413866 10. POLSEK MULYOREJO :  031-3896320 11. POLSEK PAKAL :  031-7402203 12. POLSEK RUNGKUT :  031-8700538 13. POLSEK SAWAHAN :  031-5341048

Polri Ungkap 2 Kasus Penghimpunan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Hingga Triliunan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan bahwa sepanjang tahun 2021 lalu, Korps Bhayangkara telah melakukan pengungkapan dua kasus tindak pidana penghimpunan dana tanpa izin atau ilegal yang merugikan masyarakat.  Sigit mengungkapkan, kasus pertama yang diungkap adalah penipuan, penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan oleh PT. Hanson Internasional dan Koperasi Hanson Mitra Utama.  Menurut Sigit, pada perkara tersebut, pihaknya menangkap tersangka BT bersama 9 orang yang melakukan penghimpunan dana dalam bentuk medium term note/short term borrowing/ringkasan perjanjian hutang dan simpanan berjangka tanpa izin dari OJK. "Kerugian nasabah dalam kasus ini sebesar Rp6,2 triliun," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis (27/1/2022). Kemudian perkara kedua, lanjut Sigit adalah pengungkapan kasus dugaan penipuan, penggelapan dan TPPU yang dilakukan oleh PT. Asuransi Kresna Life dengan tersangka i