Skip to main content

Respon Cepat Polda Jatim Tangani Konten Medsos Diduga Bernuansa Asusila dan Sara

Kapolda Jatim Resmi Membuka Diktuk Bintara dan Tamtama Polri Gelombang II di SPN Bangsal

MOJOKERTO, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,MH menjadi Inspektur Upacara dalam Upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara dan Tamtama Polri Gelombang II Tahun 2023 di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Jatim, Selasa (25/7/2023) pagi.

Dalam upacara Pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara Polri Gelombang II Tahun 2023, juga dihadiri oleh pejabat utama Polda Jawa Timur dan Wakil Ketua Daerah Bhayangkari Jawa Timur.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto, dalam amanatnya mengucapkan selamat atas keberhasilan bagi calon siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Diktuk Bintara dan Tamtama gelombang ke II tahun anggaran 2023 di SPN Polda Jatim.

"Selamat datang di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri. Tempat para siswa sekalian menimba ilmu dididik ditempa dan dilatih selama 5 bulan kedepan untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral serta mental dan integritas yang baik," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Dr Toni Harmanto, saat membacakan amanatnya.

Program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri gelombang kedua tahun 2023 diselenggarakan secara serentak di Sepolwan (Sekolah Polisi Wanita), Pusdik Brimob Pusdik Polair Lemdiklat Polri serta di seluruh SPN Polda di Indonesia.

Untuk gelombang II kali ini jumlah seluruh siswa Kepolisian Negara Republik Indonesia sebanyak 15.429 orang yang tersebar di seluruh SPN Polda se Indonesia.

Jumlah tersebut terdiri dari, Bintara tugas umum sebanyak 12.580 orang, Bintara Brimob sebanyak 500 orang, Bintara Polair sebanyak 100 orang, Bintara Polwan sebanyak 649 orang, Tamtama Brimob sebanyak 1.500 orang dan Tamtama Polair sebanyak 100 orang.

Selama menjalani pendidikan akan diberikan pengetahuan, ketrampilan serta penguasaan teknis dan taktis profesi kepolisian dasar, banyak hal baru yang akan dapatkan sebagai bekal sebelum diangkat dan dilantik menjadi anggota Polri.

Pendidikan ini juga menyiapkan peserta didik yang nantinya akan menghadapi tugas kepolisian yang sangat penting dan mulia, yaitu pengamanan agenda besar nasional pemilihan umum yang akan diselenggarakan tahun 2024. 

"Untuk itu diperlukan keseriusan dan kesungguhan saudara untuk menyerap materi yang diberikan selain itu para peserta didik juga akan diberikan pelatihan jasmani agar nantinya memiliki kualitas fisik yang prima serta mental kepribadian yang baik," urainya.

Kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) menjadi kunci untuk meningkatkan daya saing untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahtraan bangsa. 

Transformasi negara negara berkembang menjadi negara maju tidak dapat dipisahkan dari ketersediaan sdm yang berkualitas. 

Sejalan dengan hal tersebut kualitas sdm menjadi faktor kunci dalam pengelolaan organisasi polri.

Ketersediaan personil yang memiliki kualitas unggul menjadi aspek penting dalam mewujudkan keberhasilan pelaksanaan tugas. 

Pendidikan, pembentukan menjadi aspek penting guna mewujudkan institusi yang prediktif, responsibilitas dan transparansi berkeadilan atau presisi.

"Untuk menggapai hal tersebut maka seluruh komponen pendidikan, mulai dari peserta didik, tenaga pendidik maupun komponen pendidikan lainnya harus dapat bekerjasama dan membangun sinergitas secara menyeluruh, utuh serta bersinggungan dalam rangkaian proses belajar mengajar agar dapat berjalan efektif dan efisien sesuai yang diharapkan," terang Kapolda Jatim.

Dalam amanatnya Kapolda Jawa Timur, menekankan beberapa hal kepada peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan yaitu agar siswa meningkatkan terus keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

“Persiapkan fisik dan mental kalian selama mengikuti pendidikan hindari pelanggaran sekecil apapun dan patuhi seluruh aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Lembaga,”tutur Irjen Toni.

Kapolda Jatim juga meminta untuk mempertahankan sikap disiplin, penuh semangat dan tekad yang kuat serta motivasi yang tinggi, bahwa tujuan kalian selama berada di lembaga ini untuk belajar, berlatih dan menempa diri

Selain itu kepada siswa agar membangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik dengan pendidik, pelatih dan seluruh unsur pelaksana pendidikan sehingga akan terjalin hubungan yang solid dan harmonis.

“Tanamkan sikap responsif dan ikhlas dalam proses belajar mengajar sehingga ilmu yang diberikan oleh tenaga pendidik maupun instruktur benar benar dapat diserap oleh siswa sekalian,”tutup Irjen Toni. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Polri Buka Pendaftaran Penerimaan Jalur Akpol, Bintara dan Tamtama Secara Gratis

Jakarta - Mabes Polri resmi membuka pendaftaran untuk seluruh masyarakat yang ingin menjadi anggota Kepolisian melalui jalur Akpol, Bintara dan Tamtama. Pendaftaran online telah dibuka sejak tanggal 5 April hingga 14 April 2023. Hal itu bisa diakses melalui website https://penerimaan.polri.go id.  "Pendaftaran online 5-14 April, untuk jalur Akpol, Bintara dan Tamtama," kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.  Dedi menegaskan, untuk seluruh masyarakat yang ingin mendaftar baik jalur Akpol, Bintara maupun Tamtama, tidak dikenakan biaya sepeser pun atau gratis.  "Masuk Polisi gratis. Polri no calo, no KKN," ujar Dedi.  Meski begitu, Dedi mengimbau kepada seluruh peminat yang ingin mendaftar untuk memenuhi segala bentuk persyaratan umum dan khusus yang telah diatur.  "Untuk mengetahui seluruh persyaratan telah diumumkan dalam website resmi atau dapat dilihat melalui media