Skip to main content

Hadir di Tengah Masyarakat,Tekat Aipda Eky Soekarno Bangkitkan Ekonomi Warga Masyarakat Berhasil

PASURUAN – Bukan hanya menciptakan dan memelihara Kamtibmas , Aipda Eky Soekarno ( saat ini sebagai Ps. Kanit Binmas Polsek Winongan  Polres Pasuruan ) ternyata mampu memberdayakan masyarakat di wilayah tugasnya untuk membangun ekonomi kemasyarakatan. 

Dengan komitmen dan tekatnya yang bulat, Aipda Eky Soekarno mengajak warga masyarakat di Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur khususnya yang menganggur dan tidak punya pekerjaan tetap untuk berkarya dengan membuat “keset kaki” berbahan kain limbah konveksi. 

Aipda Eky Soekarno dengan telaten dan sabar mengajari warga masyarakat cara membuat kerjinan “keset kaki” yang nantinya dapat di jual di pasaran. 

Menurut Aipda Eky Soekarno dari 6 tahun yang lalu pihaknya mulai merintis dan punya gagasan untuk membangun usaha ini. 

Aipda Eky Soekarno mengaku keinginan memberdayakan warga masyarakat awalnya karena melihat warga di wilayah tugasnya tersebut banyak yang belum memiliki pekerjaan tetap terutama kaum emak – emak yang banyak menganggur. 

Selain itu pihaknya juga ingin selalu hadir dan dekat di tengah masyarakat dalam rangka memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat serta mengajak masyarakat dalam menciptakan dan memelihara Kamtibmas. 

“Sebagai Bhabinkamtibmas suatu tantangan bagi saya untuk selalu hadir di tengah masyarakat,harus bisa  bersama masyarakat, baik dalam hal menciptakan dan memelihara Kamtibmas maupun menjadi Problem Solving,” tutur Aipda Eky Soekarno,Selasa (18/1/22). 

Namun demikian usaha Aipda Eky Soekarno tidak berjalan semulus jalan tol. Selama lebih kurang 6 tahun tersesebut ia mengaku banyak sekali rintangan yang menghadang niat baiknya dalam menjadi anggota Polri yang benar – benar bisa dirasakan kehadirannya oleh warga masyarakat di tempat tugasnya dalam segala tuntutan situasi dan kondisi. 

“Yang tidak membuat saya putus asa adalah tekat kuat saya yang ingin dengan usaha pembuatan “keset” ini saya bisa membangun ekonomi warga masyarakat khususnya yang ada di wilayah tugas saya,”ungkap  

Al hasil saat ini Aipda Eky Soekarno dengan dibantu Aipda Sugiyanto anggota Bhabinkamtibmas Polsek Winongan Polres Pasuruan telah berhasil menggerakan ekonomi warga masyarakat di tempat tugasnya. 

“Alhamdulilah pengrajin binaan sampai saat ini sudah berjumlah 60 pengrajin dan bisa menghasilkan 300 kodi dalam 1 bulan dan target kami ke depan 1000 pengrajin,”kata Aipda Eky Soekarno. 

Sementara itu untuk penjualan, Aipda Eky Soekarno mengatakan saat ini penjualan bukan hanya di wilayah Pulau Jawa, tetapi sudah keluar lintas pulau. 

“Alhamdulilah “keset kaki” sudah ada akses penjualan ke luar Jawa,sehingga berapapun yang telah dibuat oleh pengrajin, kita siap menjual,”tambah Aipda Eky Soekarno. 

Dengan menggerakan warga binaanya ini, Aipda Eky Soekarno merasa yakin jika nanti terus berkembang besar pasti banyak manfaat  pada sisi ekonomi warga masyarakat terbangun. 

Dan Polri yang selalu berada di tengah masyarakat akan lebih cepat dalam pemecahan masalah yang sewaktu – waktu terjadi di lingkungannya. 

“Masalah itu kan bukan hanya gangguan kamtibmas atau tindak kejahatan, tapi ekonomi yang lemah itupun juga bisa dikatakan masalah,”tutur Aipda Eky yang rencana akan menjadi Narasumber dalam Program Presisi Inspiratif di Polri TV Radio  tanggal 20 Januari 2022 mendatang. 

Untuk itu lanjut Aipda Eky, ia bertekat ke depan harus bisa merekrut 1000 pengrajin dengan kata lain 1000 orang yang ada di wilayh tugasnya memiliki pekerjaan tetap dan dapat memperbaiki ekonominya. 

“Kami sangat berterima kasih  kepada Pimpinan dan Institusi Polri yang selalu memberikan suport kepada kami dalam kegiatan ini,”pungas Aipda Eky yang juga bercita – cita ingin mendirikan Yayasan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat banyak.

Baca Juga berita Polrestabes Surabaya dan Kapolrestabes Surabaya.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan SH., S.I.K., M.H,. M.Han. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan wujud kehadiran anggota Polrestabes Surabaya di lapangan, hal ini bertujuan untuk mendekatkan diri dan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya warga kota Surabaya.

“Mari kita laksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan tujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, bersinergi antara Polrestabes Surabaya dengan semua elemen Masyarakat untuk bersama Jogo Suroboyo,” ujar Kombes Pol Yusep Gunawan, Kapolrestabes Surabaya.

Polrestabes Surabaya, Kepolisian Resort Kota Besar Surabaya, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan.***humas

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Ketua KNPI Apresiasi Polri Dalam Penetapan Tersangka Ujaran Kebencian Ferdinand Hutahaean

Tindakan tegas Bareskrim Polri atas penetapan Ferdinand Hutahaean sebagai tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian bermuatan SARA dalam cuitan “Allahmu Lemah”, mendapat apresiasi dari Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama.  Ia yang melaporkan Ferdinand ke Bareskrim Polri pun mengajak masyarakat untuk menggaungkan tagar #TidakPercumaLaporPolisi setelah penetapan tersangka itu.  “Mari gaungkan #TidakPercumaLaporPolisi,” kata Haris dalam unggahan di Twitternya, Senin (10/1/2022).  Menurut Haris, Keadilan yang diberikan Polri, sangat sesuai dengan transformasi Polri yang Presisi dengan ditunjukkan melalui penanganan kasus yang cukup cepat dan tegas ketika terdapat kasus ujaran kebencian yang bisa membuat perpecahan, hingga meruntuhkan kesatuan dan persatuan antar masyarakat.  “Keadilan dan kebenaran sudah mulai tegak kembali #TidakPercumaLaporPolisi,” ujar Haris.  Haris juga mengimbau agar masyarakat Indonesia tak mudah terprovokasi, sehingga tid