Skip to main content

Peringati May Day, Polres Kediri Kota Gelar Donor Darah Bersama Serikat Pekerja

Rumuskan Solusi Layanan 110 Lebih Maksimal, SOPS Polri Gelar FGD

JAKARTA - Upaya Polri meningkatkan pelayanan masyarakat terus dilakukan dengan berbagai metode dan inovasi. Dalam era digitalisasi dan keterbukaan informasi, Polri juga memiliki program pelayanan masyarakat yaitu layanan Polisi 110.

Layanan Polisi 110 ini adalah salah satu bagian upaya Polri dalam mempermudah masyarakat dapat terlayani oleh pihak kepolisian.

Dengan layanan ini masyarakat dapat menggunakan sarana pesawat telephone dengan menekan nomor 110 untuk melaporkan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat baik itu terkait gangguan kamtibmas maupun tindak pidana lainnya.

Dalam rangka optimalisasi layanan Polisi 110 agar kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin meningkat, SOPS Polri menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Jakarta, Senin (20/3).

Karodalops Sops Polri Brigjen Pol DR H. Endi Sutendi SIK,SH, MH mengatakan FGD ini diselenggarakan untuk membahas beberapa hal terkait peningkatan pelayanan Polisi untuk masyarakat melalui layanan 110.

“Kita perlu merumuskan solusi yang baik agar pelayanan call center 110 dapat melayani masyarakat lebih maksimal karena salah satu wujud Public Trust Polri adalah layanan 110 ini,”ujar Brigjen Pol DR H. Endi usai melaksanakan FGD.

Dalam peningkatan terhadap layanan Polisi 110 ini menurutnya diperlukan peningkatan infrastruktur yaitu dengan adanya harwat update baik hardware maupun software nya sehingga pengaduan dan informasi dari masyarakat dapat segera diterima dan di respon oleh operator.

Sehingga, lanjut Brigjen Pol DR H. Endi laporan pengaduan atau informasi dari terlapor dapat segera ditangani secara sistem dengan pemanfaatan tekhnologi yang sudah ada.

Selain itu, masih menurut Karodalops Sops Polri ini, perlu peningkatan kompetensi SDM operator yang menerima laporan pengaduan atau informasi dan juga personel di lapangan dalam hal kecepatan penanganan laporan pengaduan atau informasi tersebut.

“Untuk tata kelola penanganan laporan pengaduan atau informasi dari masyarakat juga harus jelas alurnya dari diterimanya laporan lalu diteruskan ke personel di lapangan hingga pengawasan tentang penanganan laporan pengaduannya,”pungkas Brigjen Endi.

Sebagai informasi, FGD yang digelar SOPS Polri tersebut menghadirkan narasumber antara lain Ketua Tim Infastruktur Keperluan Khusus Pita Lebar Ditjen PPI 1,Harapan Takaryawan, ST., MT , Lektor Kepala Dosen tetap STIK, Dr. Vita Mayastinasari, Wakaposko 2 Posko Presisi Polri Dr. Indarto, S.H., S.Sos., S.I.K., M.Si. dan Kabagjiansiskom Rotekom Div Tik Polri Kombes Pol Mashuri (*)

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Polri Buka Pendaftaran Penerimaan Jalur Akpol, Bintara dan Tamtama Secara Gratis

Jakarta - Mabes Polri resmi membuka pendaftaran untuk seluruh masyarakat yang ingin menjadi anggota Kepolisian melalui jalur Akpol, Bintara dan Tamtama. Pendaftaran online telah dibuka sejak tanggal 5 April hingga 14 April 2023. Hal itu bisa diakses melalui website https://penerimaan.polri.go id.  "Pendaftaran online 5-14 April, untuk jalur Akpol, Bintara dan Tamtama," kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.  Dedi menegaskan, untuk seluruh masyarakat yang ingin mendaftar baik jalur Akpol, Bintara maupun Tamtama, tidak dikenakan biaya sepeser pun atau gratis.  "Masuk Polisi gratis. Polri no calo, no KKN," ujar Dedi.  Meski begitu, Dedi mengimbau kepada seluruh peminat yang ingin mendaftar untuk memenuhi segala bentuk persyaratan umum dan khusus yang telah diatur.  "Untuk mengetahui seluruh persyaratan telah diumumkan dalam website resmi atau dapat dilihat melalui media