Skip to main content

Sampaikan Wawasan Kebangsaan di UIN Malang,Kapolresta Malang Kota Ajak Mahasiswa Merajut Persatuan dan Kesatuan

KOTA MALANG -  Pada hari kedua kegiatan PBAK 2022 UIN Malang,pihak panitia mengundang tamu orang nomor satu di jajaran Polresta Malang Kota yakni Kapolresta Malang Kota Kombes Pol. Budi Hermanto, S.I.K., M.Si., sebagai narasumber.

Di hadapan kurang lebih 3.862 mahasiswa baru UIN Malang,Kombes Pol. Budi Hermanto menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan. 

Dalam materi nya,Kapolresta Malang Kota yang akrab dipanggil Pak Buher ini memberikan tips mengenai cara untuk merajut sebuah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita semua harus pahami tentang bagaimana cara agar kita dapat merajut persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yaitu dengan cara menanamkan wawasan kebangsaan yang kuat, pendidikan berkarakter, dan pendidikan berbasis keluarga,”tutur Kapolresta Malang Kota,Selasa (23/8/22).

Selain tentang bagaimana merajut sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, tentunya wawasan kebangsaan juga meliputi tiga unsur yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan, dan semangat kebangsaan yang harus ditanamkan terutama pada generasi muda.

Kapolresta Malang Kota juga memberikan motivasi terkait dengan kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan kumpulan nilai-nilai luhur yang wajib dipahami oleh seluruh masyarakat.

Hal itu agar dapat dijadikan panduan dalam kehidupan ketatanegaraan untuk mewujudkan bangsa dan negara yang adil, makmur sejahtera dan bermartabat dengan mengusung konsep 4 pilar.

"Sebagai generasi muda yang merupakan generasi masa depan bangsa, tentunya kita wajib memahami empat pilar landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu mulai dari Pancasila, UUD 1945 NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika" papar Kapolresta Malang Kota.

Dalam kesempatan itu pula Kapolresta Malang Kota juga menyampaikan bahwa tugas utama kepolisian adalah mengayomi,melindungi dan melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Mengawal visi dan misi Bapak Presiden Joko Widodo yaitu jadikan birokrasi yang melayani dan berkelas dunia tentunya menjadi pijakan kuat bagi kami sebagai anggota Kepolisian untuk dapat melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya," tegas Kombes Pol. Buher.

Untuk itu lanjut Kombes Buher, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk para Mahasiswa secara Prima,Polresta Malang Kota melahirkan sebuah aplikasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat kota Malang yaitu aplikasi Jogo Malang Presisi. 

"Saya harap nanti seluruh civitas akademika yang ada di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini dapat memanfaatkan aplikasi Jogo Malang Presisi yang memiliki fitur lengkap mulai dari aneka layanan Kepolisian, pelayanan pariwisata, layanan pengaduan dan informasi umum lainnya,”terang Kombes Buher.

Ia menjelaskan bhawa Aplikasi Jogo Malang Presisi merupakan pusat segala solusi bagi masyarakat yang telah terintegrasi dan kolaborasi antara pemerintah Kota Malang dengan Polresta Malang Kota serta instansi terkait untuk bersama-sama membantu program kerja pemerintah.

"Aplikasi ini sengaja diciptakan untuk memberikan banyak manfaat bagi masyarakat akan pelayanan yang diberikan dapat lebih praktis, cepat, tepat, dan mudah dijangkau karena dapat diakses secara gratis secara 24 jam,”pungkas Kombes Buher. (hms/NV).

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Nomor Telpon Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya

Surabaya, 22/09/17 : Butuh Bantuan Polisi? Hubungi Call Center Bebas Pulsa  112  yang akan terhubung langsung dengan Commad Center Kota Surabaya . Mengingat banyaknya laporan setiap harinya, terkadang anda kesulitan masuk line telpon nomor diatas. Berikut ini kami sampaikan Nomor Telpon dari 23 Polsek Jajaran Polrestabes Surabaya yang dapat membantu anda melaporkan setiap kejadian maupun membutuhkan bantuan Polisi terdekat dengan lokasi tempat tinggal anda saat ini. NOMOR TELPON KANTOR POLISI SEKTOR JAJARAN POLRESTABES SURABAYA 1. POLSEK BUBUTAN :  031-5342094 2. POLSEK BENOWO :  031-7404876 3. POLSEK DUKUH PAKIS :  031-5678145 4. POLSEK GAYUNGAN :  031-8292903 5. POLSEK GENTENG :  031-5341054 6. POLSEK GUBENG :  031-5042704 7. POLSEK JAMBANGAN :  031-8298603 8. POLSEK KARANG PILANG :  031-7663528 9. POLSEK LAKARSANTRI :  031-7413866 10. POLSEK MULYOREJO :  031-3896320 11. POLSEK PAKAL :  031-7402203 12. POLSEK RUNGKUT :  031-8700538 13. POLSEK SAWAHAN :  031-5341048