Skip to main content

Polres Ponorogo Lakukan Pemetaan Jalur, Arus Mudik dan Balik Lebaran Lancar

Pesan Kapolda Jatim Saat Audiensi Bersama Rektorat Universitas Muhammadiyah Malang

SURABAYA - Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Dr Toni Harmanto,M.H didampingi pejabat utama (PJU) Polda Jatim menerima audiensi dengan Rektorat Universitas Muhammadiyah, Malang di Gedung Selasar lantai II Mapolda Jawa Timur, Selasa (5/9/2023).

Audensi tersebut dalam rangka kesiapan pengenalan studi Mahasiswa baru akademik 2023/2024.

Pada acara tersebut Irjen Pol Toni Harmanto, menyampaikan, ada momentum yang baik dengan banyaknya mahasiswa yang masuk seiring dengan adanya Pemilu yang akan turut membantu tugas dari Kepolisian.

"Polda Jatim tidak dapat bekerja secara mandiri namun juga membutuhkan bantuan dari pihak lain untuk dapat menjaga Harkamtibmas," kata Kapolda Jatim.

Sementara terkait isu narkoba Jawa Timur adalah market yang besar. Oleh karenanya Polda Jatim akan berupaya dan berkomitmen agar peredaran Narkoba itu tidak merebak masuk dalam wilayah Kampus. 

“Modus narkoba sering kali melibatkan pelajar dan mahasiswa,oleh karenanya kami ajak kalangan akademisi termasuk para Mahasiswa untuk memerangi narkoba ini,”ungkap Irjen Toni..

Selain itu Kapolda Jatim juga mengingatkan tentang kepedulian tertib berlalu lintas yang berdasarkan data laka lantas, bahwa usia produktif sering kali terlibat laka lantas.

“Oleh karena itu ketertiban berlalu lintas sangat diperlukan bagi mahasiswa,"tutur Irjen Toni.

Lebih jauh disampaikan oleh Kapolda Jatim, omah rembug Polda Jatim dapat menjadi sarana dalam menggali potensi mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dimasyarakat.

Sementara Dirintelkam Polda Jatim, Kombes Pol Dekananto, menjelaskan, sebagai bentuk sinergi institusional antara Polda Jatim dengan Muhammadiyah akan diupayakan hadir dalam kegiatan pembukaan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

"Polda Jatim telah melakukan beberapa kegiatan yang ada di Malang dengan melakukan sosialisasi Radikalisme dimana mahasiswa Malang rentan terhadap isu tersebut," tegas Dirintelkam.

Selain itu Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol M. Taslim, besar harapan untuk UMM dapat berperan dalam pembentukan karakter mahasiswa yang baik.

"Ditlantas akan siap dalam memberikan wawasan kebangsaan dalam bidang Lalu Lintas dengan Universitas Muhammadiyah," sebutnya.

Sementara itu Kabidhumas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto mengatakan UMM sangat peduli terhadap eks teroris. 

Menurut Kombes Dirmanto ini merupakan langkah yang baik untuk bisa menjadi contoh Universitas yang lain untuk membimbing eks napiter menjadi masyarakat yang nasionalis.

"Trend kejahatan di wilayah Universitas Muhammadiyah agar dapatnya diberitakan dan dilaporkan sehingga dapat diketahui bahwasanya memang didapati wilayah yang membutuhkan kehadiran Polisi sehingga dapat teratasi dengan baik," tutur Kombes Dirmanto.

Sebelum menutup acara tersebut, Rektor Muhammadiyah, mengucapkan terimakasih atas kesediaan dari Kapolda Jawa Timur yang telah menyempatkan waktu sehingga kegiatan ini dapat terlaksana.

Ia juga memohon kepada Kapolda Jawa Timur untuk menjadi inspektur upacara pembukaan ajaran baru di Universitas Muhammadiyah pada tanggal 12 September 2023.

“Universitas Muhammadiyah mohon bantuan untuk adanya bantuan penerjun dari Brimob dalam proses pembukaan ajaran baru nanti,”ujarnya.

Untuk diketahui ada sebanyak 7.500 mahasiswa baru yang diterima oleh Universitas Muhammadiyah Malang dan untuk keseluruhan mahasiswa sebanyak 35.000 mahasiswa. (*)

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Polri Buka Pendaftaran Penerimaan Jalur Akpol, Bintara dan Tamtama Secara Gratis

Jakarta - Mabes Polri resmi membuka pendaftaran untuk seluruh masyarakat yang ingin menjadi anggota Kepolisian melalui jalur Akpol, Bintara dan Tamtama. Pendaftaran online telah dibuka sejak tanggal 5 April hingga 14 April 2023. Hal itu bisa diakses melalui website https://penerimaan.polri.go id.  "Pendaftaran online 5-14 April, untuk jalur Akpol, Bintara dan Tamtama," kata Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 5 April 2023.  Dedi menegaskan, untuk seluruh masyarakat yang ingin mendaftar baik jalur Akpol, Bintara maupun Tamtama, tidak dikenakan biaya sepeser pun atau gratis.  "Masuk Polisi gratis. Polri no calo, no KKN," ujar Dedi.  Meski begitu, Dedi mengimbau kepada seluruh peminat yang ingin mendaftar untuk memenuhi segala bentuk persyaratan umum dan khusus yang telah diatur.  "Untuk mengetahui seluruh persyaratan telah diumumkan dalam website resmi atau dapat dilihat melalui media