Skip to main content

Layanan Prima Polres Trenggalek Sediakan Pelayanan SKCK Keliling


TRENGGALEK – Kepolisian Resor Trenggalek terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik jajarannya. 

Salah satu diantaranya adalah pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang lebih dikenal dengan sebutan SKCK.

Sedikit berbeda, pelayanan SKCK yang biasanya digelar secara stationer di ruang pelayanan Mapolres, kini bisa dinikmati masyarakat luas di berbagai lokasi.

Polres Trenggalek kini melalui Satintelkam membuka pelayanan SKCK keliling yang ditempatkan pada pusat keramaian seperti pasar, alun-alun maupun fasilitas publik lainnya yang kerap menjadi jujukan aktivitas warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan SKCK keliling ini merupakan upaya Polres Trenggalek untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dengan memberikan pelayanan prima yang mudah dan cepat.

“Metode jemput bola ini sangat efisien bagi masyarakat yang kebetulan memiliki kesibukan tinggi. Jadi, tidak perlu ke Mapolres, cukup mendatangi SKCK keliling dan akan dilayani dengan baik.” Ujar AKBP Alith,Senin (19/9/22)

Sementara itu, Kasatintelkam Polres Trenggalek Iptu Yoyok Wijanarko, S.H., M.H., pada prinsipnya, pelayanan SKCK baik di Mapolres maupun keliling adalah sama. 

Demikian pula dengan persyaratan yang harus di cukupi oleh pemohon seperti identitas diri dan mengisi sejumlah formulir yang telah disediakan.

Untuk biaya PNBP sebesar Rp. 30 ribu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri.

“Untuk hari ini SKCK keliling kita laksanakan di pasar Pon Trenggalek,”ungkap Iptu Yoyok.

Selain mempermudah masyarakat, mantan Kapolsek Siman Ponorono ini menuturkan, SKCK keliling ini juga bisa menjangkau berbagai tempat yang dinilai relatif jauh dari pusat pelayanan yang berada di kota Trenggalek.

“Kedepan, bukan saja di dalam kota tetapi nanti bisa diarahkan hingga ke pelosok desa,”tambah Iptu Yoyok.

Dari pantauan tim redaksi, antusiasme masyarakat terhadap SKCK keliling ini cukup tinggi. 

Hal ini dibuktikan dengan cukup banyaknya masyarakat yang memanfaatkan pelayanan ini. 

Sedikitnya belasan orang nampak antri dengan tertib dan sibuk mengisi formular di tenda yang telah disediakan.

Untuk mendukung pelayanan ini, Satintelkam Polres Trenggalek mengerahkan satu unit kendaraan SKCK keliling berikut tiga personel yang mengawakinya.

“Bagi masyarakat yang ingin mengurus SKCK dapat melihat jadwal yang di bagikan secara berkala melalui media sosial akun resmi polres trenggalek baik di facebook, twitter maupun Instagram,”jelas Iptu Yoyok.

Yudi (28) salah satu warga yang kebetulan berada di lokasi tersebut mengurus SKCK untuk bekerja di luar kota mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan keberadaan pelayanan SKCK keliling ini. Petugaspun memberikan pelayanan dengan ramah dan cepat.

“Sangat terbantu. Ndak perlu repot ke kantor polisi. Sat set sat set, foto langsung jadi,”ucapnya. (**)

Comments

Popular posts from this blog

Jadwal Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya

Surabaya, 15/09/17 : Selamat Pagi Mitra Humas, anda Warga Surabaya dan ingin membuat SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian)? Perlu anda ketahui kapan waktu dan hari Operasional Pelayanan SKCK di Polrestabes Surabaya. Berikut akan kami sampaikan jadwal pelayanan SKCK Polrestabes Surabaya berlaku mulai tanggal 5 Agustus 2017 : 1. Senin s/d Jumat 08.00 - 14.30 WIB 2. Sabtu 08.00 - 11.00 WIB. Pastikan anda membawa Persyaratan dan Kelengkapan yang dibutuhkan sebelum anda mengajukan permohonan pembuatan SKCK. Semoga informasi ini dapat membantu Mitra Humas Polri sekalian yang ingin membuat atau memperpanjang SKCKnya. Sumber : Fanpage Facebook SKCK Tabes Sby

Dirbinmas Polda Jatim Ikuti Diskusi Membangun Ekosistem Toleransi di Lingkungan Sekolah

Surabaya, Dirbinmas Polda Jatim Kombes Pol Asep Irpan Rosadi mengikuti kegiatan diskusi ahli membangun ekosistem toleran dilingkungan sekolah berbasis human security dan pencegahan kekerasan berbasis extrimisme (PVE). Kegiatan sebagai salah satu upaya dialog untuk mendorong penyusunan muatan lokal ini dilaksanakan di convention hall Harris Hotel Jl. Gubeng Surabaya, pada Kamis (27/1/2022).  Dalam forum diskusi tersebut, Dirbinmas menyampaikan bahwa pihaknya akan mencoba menguatkan pondasi untuk membuat penguatan khususnya di sekolah terkait toleransi yang berujung kepada bagaimana sekolah-sekolah, pelajar-pelajar mempunyai daya tangkal dan daya cegah terhadap paham-paham maupun sikap-sikap intoleran radikal dan terorisme. Kedepannya Polda Jatim akan bekerja sama secara nyata dengan Pemprov Jatim dan Dinas Pendidikan untuk membuat aksi nyata di beberapa sekolah yang nanti akan dimulai dulu dengan rakor. "Kami akan melibatkan seluruh kepala sekolah, forum guru untuk meme

Polri Ungkap 2 Kasus Penghimpunan Dana Ilegal yang Rugikan Warga Hingga Triliunan

Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memaparkan bahwa sepanjang tahun 2021 lalu, Korps Bhayangkara telah melakukan pengungkapan dua kasus tindak pidana penghimpunan dana tanpa izin atau ilegal yang merugikan masyarakat.  Sigit mengungkapkan, kasus pertama yang diungkap adalah penipuan, penggelapan dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang dilakukan oleh PT. Hanson Internasional dan Koperasi Hanson Mitra Utama.  Menurut Sigit, pada perkara tersebut, pihaknya menangkap tersangka BT bersama 9 orang yang melakukan penghimpunan dana dalam bentuk medium term note/short term borrowing/ringkasan perjanjian hutang dan simpanan berjangka tanpa izin dari OJK. "Kerugian nasabah dalam kasus ini sebesar Rp6,2 triliun," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Kamis (27/1/2022). Kemudian perkara kedua, lanjut Sigit adalah pengungkapan kasus dugaan penipuan, penggelapan dan TPPU yang dilakukan oleh PT. Asuransi Kresna Life dengan tersangka i